Sabtu, 26 Februari 2011

Penyebab Rasa Capek dan Cara Mengatasinya

Otak dapat bekerja sama baik dan sama cepatnya pada waktu mulai bekerja maupun setelah bekerja selama delapan atau dua belas jam. Otak sama sekali tidak mengenal lelah.
Lantas Apa yg menyebabkan kita sering lelah ?

Banyak pendapat para Psikiater salah satunya adalah J.A Hadfield dalam bukunya The Psychology of Power, mengatakan, " Sebagian besar keletihan yang kita derita berasal dari mental kita. Kenyataannya, jarang sekali keletihan yang hanya disebabkan oleh Fisik."
Hampir 100% keletihan yang diderita oleh seorang pekerja yang dalam keadaan sehat, disebabka oleh paktor-faktor psikologis, yakni fator emosional.

Faktor Emosional yang menyebabkan cepat lelah itu ialah rasa bosan, kemarahan, rasa tidak dihargai oleh orang lain, kegagalan, selalu terburu-buru, kekuatiran, dan kesedihan hati.
Fator-faktor itulah yang membuat para pekerja mudah sekali jadi dingin, daya kerja jadi berkurang, kepala sering pusing. Pendek kata kita jadi capek, karena emosi tersebut menyebabkan syaraf kita tegang.

Mengutip dari Buku karya Dale Carnegie. Tiga unsur utama penyebab keletihan : Kekuatiran, Ketegangan, dan Kesedihan hati.

Jika kondisi itu mendera kita maka obatnya adalah Santai.... Santai.... dan santai.

Anda dapat santai atau rileks kapan saja dan dimana saja. Tapi anda jangan memaskasa diri untuk santai atau rileks. Sebab, keadaan santai hanya bisa tercipta bila sama sekali tidak ada sedikitpun ketegangan dan paksaan. Biarkan otot-otot mengendor, mulai dari mata dan muka dan bisikanlah dapa diri kita kata-kata " AYO SANTAI... Santai....... santai......dan santai" secara berulang-ulang.





1 komentar: